Oleh: Hendrawan | Oktober 26, 2007

Emas putih vs Emas kuning

Beberapa saat lalu aku sempat berjalan-jalan di toko emas di daerah blauran, Surabaya guna memesan cincin buat lamaran. Waktu itu kan lagi liat-liat perhiasan gitu, terus tanya ke penjaga tokonya. Gini kurang lebih percakapannya:

Aku: Mas, emas putihnya ini aja ya?
Penjual (P): Iya, itu aja.
Aku: Harganya segram berapa ya?
P: Emas putih satu gram 195.000, kalo emas kuning 165.000.

Dari sini aku tau kalo mesan perhiasan itu, selain biaya gram yang dihitung dari berat
perhiasan tersebut, ada juga tambahan biaya yang disebut biaya pesan. Nilainya
tergantung modelnya. Sepertinya si biaya desain. Semakin bagus desainnya biaya
pesannya semakin mahal.

P: Yang emas kuning juga banyak kok koleksinya, ndak kalah bagus sama yang putih.
Aku: Tapi carinya emas putih ni mas.
P: Ooo, ndak papa, dipilih aja. Emas kuning bisa diputihkan kok.
Aku: Lo. Kok gitu, emas putih palsu dong.
P: Lo, bukan palsu, emang gitu. Emas putih itu ya emas kuning yang diputihkan. Kuning itu juga bukan warna aslinya emas kok.
Aku: Biaya mutihinnya berapa?
P: Gratis.
Aku: Loh, gratis? Terus kalo pas sudah jadi putih ternyata ndak suka, bisa dikuningin lagi ndak?
P: Bisa.
Aku: O ya? Biayanya?
P: Gratis.

Lah, pertanyaan besar. Jadi kenapa harganya berbeda???
Dudulnya, kenapa pas itu aku ndak nanya langsung :(

Update:
Ada yang lupa ditulis. Harga emas yang update dapat dilihat disini. Di toko, emas yang dijual biasanya mempunyai kadar 70% dan 75% (mungkin maksudnya itu dari sekian gram totalnya, 70%/75% nya adalah emas, sisanya campuran). Kata penjualnya, emas 24 karat terlalu lembek, jadi supaya lebih mudah dibentuk dan awet, dicampur bahan lain (tapi aku ndak nanya bahan campurannya itu apa).


Responses

  1. Trims infonya dik

  2. Infonya buat itung-itungan zakat ato buat pesen cincin nikahan mas? Fluktuatif lo regane, bisa berubah tiap hari. Btw krungu-krungu sampeyan arep nikahan yo mas :D

  3. Wekekekeke, koq gitu @_@, itu bukan yang punya kali yang jualan :D.

  4. Hohoho, mau beli buat sapa Mbeng?? Btw, makasih infonya yah :) eh taruh aku di blogroll dunk, blogku masih seumur jagung ^-^” btw, entar domainnya menyusul ya. Sementara lagi sibuk (halah-halah, sibuk kok isa ngeblog!)

  5. @Rudy
    Tapi beneran kok rud, aku tanya toko lain juga bilangnya bisa dijadiin kuning/putih gratis.

    @alief
    Beli buat investasi aja, pingin nyoba nabung dalam bentuk lain, kayak petunjuknya om mardun. Tapi kayaknya aku salah pilih waktu ni, harga emas saat ini lebih murah dibanding waktu aku beli :(
    Blogmu dah aku add.

  6. Bukannya emas putih = platina (Pt) dan emas kuning = emas (Aurum)?

    Kamu dibohingi, ndra…
    Atau infonya kurang lengkap….

  7. harganya 240rb per gram lho sekarang (24Karat)
    Thanks infonya ya! :D

  8. @dnial
    kalo tanya mbah googling si, di luar negeri emang emas putih itu = platina, tapi harganya bok, gak terjangkau untuk kantong mahasiswa :P lagian di Indo juga katanya susah carinya. Emas putih yang = emas kuning tapi disepuh putih itu kayaknya akal-akalannya tukang emas di Indo untuk mendapatkan kilau seperti platina tapi harga setara emas kuning. Geto. Referensi didapatkan dari beberapa blog berdasarkan petuah mbah google.

    @benbego
    ur welcome. Sepengamatanku, kalo deket hari raya, harganya jadi naik soalnya banyak orang yang beli. Kemarin beberapa minggu setelah hari raya harganya jadi agak turun karena banyak yang jual emas.

  9. aku suka emas putih…

  10. harga emas putih n ada berliannya per gram berapa?

  11. KU AWTUJU TUH AMA PENDAPAT HENDRAWAN (By: Hendrawan on Nopember 7, 2007
    at 9:39 am). kARENA KEBETULAN CALON ISTRI JUGA KEMAREN BELI EMAS PUTIH BUAT TUNANGAN. DAN HASIL ….PUTIHNYA CUMA BERTAHAN 3 BULAN. SO…SARAN AJA, PASTIKAN KLO BELI EMAS PUTIH BILANGNYA YG PLATINUM..WALO SUSAH CARINYA, TAPI ADA KOK. DIMANA PASTINYA, ITU YG AKU KURANG TAHU…..

  12. Gw punya platinum batangan berat 69.7 gram mau di bentuk gelang en cincin kira2 dimana ya tempatna gw ada di sekitar surabaya.

  13. @Sandh
    waduh, kurang tau saya. Bawa ke Franc & Co di Galaxy Mall gitu bisa kali ya. Btw Platinum batangan 69.7 gram itu kalo diuangin berapa duit. Gile bener….

  14. Kunjungi aja emaskita.com, dapatkan info emas

  15. sebenarnya emas kuning dan emas putih ada perbedaan, kalo emas kuning yang di putihin itu ,bukan emas putih. sedangkan emas putih yang benar,ada dipasaran adalah emas murni(AU) ditambah dengan logam lainnya yang membuat warna kuning menjadi agak putih. sedangkan emas kuning adalah emas murni ( AU) dtiambah logam lainnya supaya warnanya lebih merah dan lebih kuning. walaupun asalnya dari AU tetapi komposisinya berbeda sehingga waktu pemurnian , emas putih akan lebih mahal dibandingkan emas kuning, sehingga jual beli emas putih lebih banyak selisihnya. kalo mau cari platinum, langsung sebut namanya platinum, jangan sebut mas putih, karna di asia ,emas putih yang emas yang didefinisikan seperti diatas, yaitu berkadar 75% (tergores 750), shingga emas putih sekarang lebih gampang dijual belikan. untuk platinum sifatnya keras dan modelnya agak terbatas karna susah pembentukannya dan harganya dua kali mas kuning.

  16. @jamsum:
    thx :)

    @andi:
    kalo toko emas cupu kadang (ato malah biasanya) gak jual yang platinum. Jarang yang beli kali ya.

  17. Emas jaman sekarang dah banyak yang palsu.baik kuning maupun putih.pokoke teliti lah untuk membeli emas.Jangan sendirian kalo beli emas,bawa teman yang dah berpengalaman.Saya dengar-dengAr,emas hitam katanya dah ada tuh?dah pada tau belum?sama…saya juga belum.

  18. @platkuning:
    baru denger kalo ada emas hitam :)

    • sekedar info..kalo kata ibu saya,,,emas hitam itu tanah,,,
      kalo mau invest y mending jangan nabung di bank,,,tapi buat beli emas ireng alias lemah = tanah…soalnya pasti harga tanah naik,,gitu,,,:-)

  19. teman saya punya emas putih batangan ada yang tahu nggak jualnya kemana, ditunggu bagi yang tahu

  20. maw tanya nih kalo platina batangan itu dijual ke mana yah ??

    • klu tdk ada tertulis LONDON di emas putih tertulis tdk ada harga … sob

  21. iya nih aku punya platinum batangan 8x6x1 dan ada sertifi tapal kudakatnya dari JM gbr tapal kuda tipe PT 57180 jual kemana yah kontak aku 08568314823

  22. iya nih aku punya platinum batangan 8×6×1 dan ada sertifi tapal kudakatnya dari JM gbr tapal kuda tipe PT 57180 jual kemana yah kontak aku 08568314823

  23. iya nih aku punya platinum batangan 8×6×1 dan ada sertifikat tapal kudanya dari JM gbr tapal kuda tipe PT 57180 jual kemana yah kontak aku 08568314823

    dan tipe PT 57182 azl 21 ada 25 buah harga bersaing untuk buat perhiasan

  24. duhhh…. jadi bingung nih……. emas kuning.. emas putih.. jadi kuning gratis.. diputihin gratis.. platinum.. :( mau nikah ribet ya..

  25. emas putih (platina) kalo di lebur pake apa…?

  26. Menurut gw mantapnya kalau emas tuch buat ngiket batu mulia yang keren2 banget kaya saphire, ruby, paparacha, agathe and etc yang harganya cukup mahal tapi dengan desain cincin & batu yang bagus mudah-mudahan duit yang lue keluarkan gak terlalu sia-sia karna kalo lue gak punya duit tuch cincin bisa dijual kan…..?

  27. Terus terang Emas yang paling bagus diindonesia menurut gue ada di pulau jawa gak tau kenapa…..? Karna disitu ada Mas Fauzal,…… :)
    Serius gw……

  28. aku ada teman punya emas putih, 1 keping dengan berat 500 gram plus sertifikat london…
    kalo mau jual di jakarta kemana ya…. tolong info alamat atau no telp yang bisa dikontak….

  29. hai guys….tolongin gw donk.., harga emas putih yg up date skrg berapa ya..? cln biniku pengennya emas putih dan pakai nama gitu..

  30. IYAH NEH AKU PUNYA PLATINUM BATANGAN 8X6X1 CM DAN ADA SERTIFIKAT TAPAL KUDAKATNYA DARI JM GBR TAPAL KUDA TIPE PT 57180 JUAL KEMANAYAH HUB. 085 255 625 212

  31. harganya berapa bos??

  32. Bagi yang Berminat silahkan Masukkan penawaran Harga melalui Email : athoistana@yahoo.com

    kami tunggu kabar baik Anda semuanya melalui email kami dan akan kami hub. kembali bila anda sudah memasukkan penawarannya..!!!

  33. AKU JUGA PUNYA PLATINUM BATANGAN 8X6X1 CM BERAT 1 KG DAN ADA SERTIFIKAT TAPAL KUDA KATANYA DARI JM LONDON THOMAS G CARNIGHT, KOK BANYAK YANG PUNYA YA, DI JUAL LAKU G? TOLONG DIBANTU JUALKAN DONG, TAR ADA FEENYA, GBR TAPAL KUDA TIPE PT 57180 EMAILKU. sahnan81@gmail.com

    • to sahnan kalau masih mau jual JM bisa hubungi saya di 081357737774

  34. iya saya juga mau jual yang batangan … nih infonya di blog saya, saya bingung mau jual dimana emas putihnya ya udah saya potingkan di blog saya …. http://bloggembel.com/mau-jual-emas-putih-ini/

    maaf ya mas,….. buat yang berminat… silakan kunjungin blog saya… salam

    • kami punya pembeli , emas batangan tapi harga 500 juta hub 085237 588 990 .

  35. so, klo mas putih yg bisa di buat jadi kuning lg tu palsu ya??

  36. Assalam mu’alaikum wr wb
    Saya mempunyai PLATINIUM BATANGAN.
    Dengan Merek JHONSONMATTHEY ASSAYERS & REPINERS
    PLATINUM 99,99 % 36 OUNCES TROY PT 57180 AZL 18 LONDON
    ukuran P : ± 8 cm L : ± 6,4 cm T : ± 1 cm.
    Bagi yang Berminat atau Mempunyai Informasi silahkan Masukkan Penawaran Harga atau Menghubungin saya melalui Email : eldi_son80@yahoo.co.id

  37. dari pada bingung bingung soal mas kuning/putih,itu tu ada mas coklat panjang kayak ular

  38. saya punya emas batangan kurang lebih 50kg nemu waktu gali sumur di blakang rumah masih di dalem peti ada surat2 bertuliskan tulisan belanda saya mau jual takut mau lapor ngeri ilang tuh emas di ambil ama pemerintah nantinya kira2 kalo mau jual kemana yah. Jual partai besar lah tuh smuahnya kurang lebih 50Kg borongan dah

    • boleh saya bantu cari pembeli,hub .haryono.085283111443

    • pak roy apa masih ada JM nya bisa hubungi saya di 081357737774

  39. saya mempunyai platinium Jhonsonmatthey assayers & repiners pt 57180 cap tapal kuda 32 oncestroy di bertifikat buatan tahun 1766 klu ada yg berminat hub saya hp 081280459657

  40. Mari Membeli Masa Depan

    Banyak sekali diantara kita semua yang terjebak dalam lubang pengangguran.
    Menyedihkan memang ketika kita berulang kali keluar masuk dari satu perusahaan keperusahaan lain namun hasilnya tepap sama,DITOLAK!!!.
    Mungkin juga diantara kita berfikir kenapa untuk menempuh jenjang pendidikan yang tinggi membutuhkan biaya yang tidaklah sedikit,bahkan cenderung makin menjerat.
    Sedangkan untuk memperolah pekerjaan yang layak baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta selalu disyaratkan: MINIMAL D3 ata S1.
    Salah siapa?!
    Apakah anda ingin berubah?
    Atau ingin selalu dijajah?

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MELAMAR KERJA/MELANJUTKAN KULIAH/KENAIKAN JABATAN?!?!

    -SMU:2.000.000
    -D3:4.000.000
    -S1:6.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DIKOPERTIS, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB:08887054873 / 085736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    TERIMAKASIH

  41. saya juga punya mas. .ntu kakak gue. .cakep lowh.

  42. owh ternyaTa gTu toh
    Jd bgusan yg mna nih?
    emas ptih pa emas kning>?

  43. Kami adalah representative dari perusahaan emas ( emas batangan atau pasir emas ) dan platinum terkuat dan terbesar di Dubai dan Eropa. Perusahaan kami bergerak dibidang peleburan emas dan platinum sampai menjadi produk sesui pesanan maupun koin khusus negara Uni Eropa.

    Kami membeli Platinum dengan ukuran 8x6x1 dengan disertai hasil lab dari Sucofindo atau Badan Tenaga Nuklir Nasional ( BATAN) yang asli ! ! ! . Disamping itu kami juga menerima berbagai bentuk dan jenis Platinum baik berbentuk barang jadi atau setengah jadi, asalkan barang tersebut memiliki unsur platinum didalamnya. Kami menerima seluruh barang dalam jumlah tak terbatas… ..
    Untuk barang dalam kuantiti banyak atau jumlah besar ( maximum diatas 10) tahap pertama dilakukan pengririman satu barang, kemudian barang selanjutnya dibawa oleh penjual dan representative. Seluruh biaya perjalanan ditanggung perusahaan di Eropa atau Dubai ( Tiket, Penginapan, dan Jamuan lain ) pengurusan Visa dibantu pihak representative kami di Indonesia, terkecuali pengurusan paspor .

    Metode pengiriman barang menggunakan Fedex dengan biaya ditanggung oleh representative perusahaan di Indonesia ( kami sendiri) . Proses pembayaran dilakukan 6 hari kerja dari tanggal pengiriman barang. Transaksi menggunakan mata uang Dollar US, dan harga yang kami tawarkan US$ 20 dollar pergram atau US$ 20 ribu perkilo… .YANG PENTING DAN PERLU DI INGAT! ! ! HARGA BERDASARKAN PROSENTASE KANDUNGAN PLATINUM YANG TERDAPAT DALAM LOGAM, BUKAN BERDASARKAN BERAT BARANG TERSEBUT SECARA KESELURUHAN…

    Mengenai Emas Batangan atau pasir Emas kami membeli dalam jumlah tak terbatas bahkan ton-ton-an. Prosedur hampir sama, tapi barang contoh minimal 5 kilo dibawa kesana ( Dubai dan Eropa ) di ikuti oleh penjual dan representative. Seluruh biaya perjalanan juga dibiayai oleh perusahaan di Dubai dan Eropa. Harga yang kami minta minus tiga ( -3) dari harga London Bullion Market Association ( LBMA) atau -3 dibawah harga pasar. Selanjutnya di lakukan pengiriman menggunakan Security Company ( Khusus kurir pengiriman barang seperti Emas seperti Brink’ s Singapore) dan selanjutnya transaksi menggunakan L/ C.

    Kami tidak pernah meminta dan menyarankan ada kontrak dalam transaksi ini. Apabila Saudara kurang yakin dan prosedur tidak sesui dengan yang anda inginkan mohon jangan dilanjutkan! ! Silahkan cari buyer lain. trims

    Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Lazuardi.nasution@ gmail.com atau di nomer 08164873867 ( Departemen Perdagangan Jakarta)

    Sebagai informasi tambahan mengenai peredaran platinum palsu terbesar berasal dari Indonesia silahkan cek di Web Site JM ( Johnson Matthey)

    http: / / http://www.platinum.matthey.com/ media-room/ frequently-asked-questi ons/ i-have-heard-that-some-counterfeit-johnson-matthey-platinum-bars-are-in- circulation-is-this-true/

    • mas ardi … saya ada material yang kami perkirakan mengandung platinum…. bagaimana caranya supaya saya bisa mengetahui kandungan material tersebut….. untuk stock material sangat banyak sekali. untuk itu saya sangat butuh bantuan mas ardi untuk mengetahui kandungan material tersebut (uji lab)… kami juga membuka kesempatan kerja sama dengan anda. terima kasih. mohon balasan ke email saya.

  44. Hehe..nyasr kesini :) lumayan..gw cuma lg bikin perencanaan aja nih :) trims infoxa

  45. masa sih emas putih 3 bulan bisa pudar warnanya ? saya dah make kalung emas putih dr setahun yang lalu n ga pernah dicopot, tapi warnanya masih bagus tu, tetep mengkilat ? mungkin yang pudar itu palsu kali, atau punya saya yang palsu ???? :D tapi masa sih punya saya palsu :(

  46. Bulan mei 2010 lalu saya beli separangkat emas putih untuk mas kawin di sebuah blok M mall di toko “IND”, tp sejak bulan agustus agak memudar jd warna kuning, tadinya mau aku komplain tp ga sempet, akhirnya pada kemarin 23 okt 2010 saya komplain, tp jawabannya kurang enak dihati, malah si pekerjanya bilang kalo mau diputihkan lagi bisa dan kena biaya 40 rb…walah berarti saya termasuk pembeli yg kurang teliti ato pembeli yg tertipu ya…akhirnya saya cukup tahu kalo mau beli emas putih mending cari info dulu deh, jgn sampai tertipu, sekilas emang emas putih padahal emas kuning yg diputihkan, dan sampai skr saya blm bs membedakan mana emas putih dan mana emas kuning yg diputihkan, dan bukan jaminan membeli emas di toko sebuah mall terkenal sekalipun adalah emas yg bagus.
    mudah2an pengalaman saya jadi pelajaran buat yg lain.

  47. BELI PLATINIUM JM LONDON TAHUN 1964 TAPAL KUDA 9999% HUB.081236115067 /O81241363717

  48. salam semua… sya aierie saya ada platinium 9999 JM LONDON bereat nya 32OUNCE atau 907.1847392gram sya mhu jual tapi engak thu dimana?/boleh sapa2 tolong sya engak siapa ingin tolong sila add saya dalam facebook emeil:erreey21@yahoo.com name atau cari aierie rullah dalam facebook…

  49. Hahay aya aya wae emas kuning diputihkan .

  50. Coba dr dlu bc blog íπí,psti Ъќ>:/ bkl ane bli dah klo †̥ªů hrg jual na murah. . :’(. ••••• Hɪ̇кƾ •••••
    /\ ♓üªäªåªäªªªªª…
    _/ \_ ••••• H̲̣ɪ̲̣̇к̲̣ƾ̲̣ •••• Dan pstiny dr dulu ane bli emas. Hrg emas skrg,slangit bgt,gile bener

  51. saya juga ada Platinium JM tapal kuda 32 onces24 karat banyaknya 1000 btg lebih mau beli ? harga nego sila hub email saya parisidajutawan@gmail.com

  52. Emas putih n emas kuning perbedaan nya ap sihh..?
    Tolng d perjels…

  53. platinum = keras
    emas putih = lunak
    platinum 2 kali dari emas harganya mas,,emas putih,,lom png liat aq(palingan juga emas yg di proses ke pencucian dgn wrna putih,,alis rhodium)

  54. Saya punya emas PLATINUM berat bersih 10Kg !
    Bagi yang minat hub 082195530127
    Butuh duit…warisan keluarga . Lengkap sertifikat analisa PT. ANTAM.

  55. saya baru habis menjelajah toko emas di sebuah mall besar di surabaya, alhasil semua emas putih tidak ada yg murni, di perhiasan tertera 750 (75%), dan katanya emas putihnya itu chrome (hanya lapisan), kata penjualnya 2th bisa memudar, lha yg saya bingungkan saya mau beli emas putih, terus 2th lg tiba – tiba memudar jadi mas kuning, (membingungkan)..
    harganya juga bermacam macam, ada yg 450rb/gr ada yg 420rb/gr, dimana ya membeli emas putih yg ga hanya lapisan aja/ ga bsa pudar?


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

